Setelah mendownload D8 dev yang lumayan besar, hampir 7 MB, saya install di ZPanel for Windows 7. ZPanel adalah Control Panel gratis yang berjalan di Linux maupun Windows. Berikut ini ulasan mengenai D8 development version:

Banyak administrator server gagal meningkatkan performance Drupal karena tidak mengerti cara kerja Drupal. Drupal terbagi atas 2 bagian: anonymous dan authenticated users. Dengan memanfaatkan module Boster maka mudah meningkatkan performance Drupal, tetapi Boster tidak bekerja pada Authenticated users. Sehingga tidak heran saat admin login dan menambahkan field atau edit content masih terasa lambat!

Saat anda melakukan resize dengan Image Styles Drupal yang merupakan bagian dari module inti/core Drupal 7 (pada Drupal 6 merupakan module tambahan dengan nama ImageCache) mungkin anda menjumpai error ini:

Warning: Division by zero in theme_image_style_preview() (line 772 of /modules/image/image.admin.inc).
Warning: array_intersect_key(): Argument #1 is not an array in theme_image_style_preview() (line 774 of modules/image/image.admin.inc).

Kadang ada tambahan berupa error ImageMagik. Cara mengatasinya sbb:

Berikut ini adalah contoh penggunaan jQuery untuk menghilangkan dan menampilkan elemen website.

SEO (Search Engine Optimization) dan SEF (Seach Engine Friendly) adalah 2 hal yang serupa tapi tak sama. Namun umumnya blogger tidak mengerti kedua hal ini. SEO adalah supaya upaya membuat Search Engine lebih baik dan lebih cepat dalam melakukan pencarian kata untuk keperluan indeks. Sedangkan SEF adalah upaya memberikan kata-kata yang tepat pada proses indeks tersebut.

Bagaimana agar website Drupal kita memiliki SEO dan SEF yang baik?

Butuh waktu beberapa hari bagi saya untuk mempelajari bagaiman mengubah input form CCK khususnya CCK2 dan CCK3 yang berbeda dengan CCK1. Semoga tutorial ini dapat membantu anda. Artikel ini sudah saya terbitkan juga di Drupal.org di bagian Theming Guide (http://drupal.org/node/601646) karena saya adalah salah satu team Dokumentasi Drupal.org. Berikut ini caranya:

Upgrade dari versi mayor yang sama, misalnya Drupal 6.15 ke 6.19 dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah.

   1. Extract Drupal 6.19
   2. Hapus folder "sites" beserta semua isinya
   3. Compress lagi Drupal 6.19 yang sudah dibuang folder "sites" tsb
   4. Extract di folder website Drupal 6.15 anda
   5. Jalankan http://domain.tld/update.php

Mudah khan?