SEO Drupal

webadmin's picture

SEO (Search Engine Optimization) dan SEF (Seach Engine Friendly) adalah 2 hal yang serupa tapi tak sama. Namun umumnya blogger tidak mengerti kedua hal ini. SEO adalah supaya upaya membuat Search Engine lebih baik dan lebih cepat dalam melakukan pencarian kata untuk keperluan indeks. Sedangkan SEF adalah upaya memberikan kata-kata yang tepat pada proses indeks tersebut.

Bagaimana agar website Drupal kita memiliki SEO dan SEF yang baik?

Perlu diketahui bahwa tidak selalu website yang muncul di deretan atas hasil googling adalah website yang baik dan benar. Tidak sedikit blog copas yang muncul di sini, inilah praktek gelap seo dan sef karena memang "quality of search result" belum melibatkan "quality of website contents". Saya pakai istilah googling karena secara de facto Google yang terbanyak dipakai.

Anda butuh modul-modul berikut ini:

1. Path (Core) dan Path Auto
2. Taxonomy (Core)
3. SEO Checklist (http://drupal.org/project/seo_checklist)
4. Site Map (http://drupal.org/project/site_map)
5. Site Stats http://drupal.org/project/sitestats
6. Google Analytics (http://drupal.org/project/google_analytics)
7. Views dan Tagadelic

Cukup banyak module yang diperlukan. Namun yang perlu saya ingatkan adalah buatlah website dengan konten yang berkualitas sehingga suatu saat jika ada "Quality of Website Content" maka website anda menjadi pemenangnya.

Tidak sedikit (dan memang umumnya begitu) blog-blog dari Indonesia menggunakan praktek gelap untuk menaikkan webiste mereka di urutan atas seach engine. Hal ini sangat merugikan blogger Indonesia karena jelas menurunkan derajat blogger itu sendiri.